Texture
Hello :) Setelah modifikasi props environment ke bentuk yg lebih simple, maka giliran texturing dikerjakan. Proses ini tidak memakan banyak waktu (1 texture props 2-4 jam), namun memerlukan sedikit ketekunan untuk menghasilkan efek kumuh. Beruntung ada GPS (Gimp Paint Studio) untuk mengerjakannya. Banyak sekali brush yg disediakan GPS beserta pattern dll. Saya menggunakan brush tambahan untuk GIMP yg bisa di unduh disini.
Proses
Ada 3 tahap untuk melakukan texturing yaitu:
(1) Seam+Unwrapping > (2) UV layout > (3) Texturing.
Proses Seam seperti membuat pola baju, dimana potongan-potongan menetukan jahitan. Semakin baik, maka semakin rapih hasil Seam tersebut. Setelah itu ditata agar proses texturing mudah, lalu lakukan export UV layout (PNG), semua dilakukan di Image Editor.
* Unwrapping+Compositing Pre-Render
Property dalam short movie lumayan banyak. Bisa dibayangkan keruwetan lingkungan urban, semua ada disini :). Oya, saya juga menggunakan tool Image Painting yang ada di Blender. Prosesnya adalah memperlakukan Image Editor di Blender seperti software pengolah gambar. Texture bisa langsung di buat disini, lebih mudah dan praktis. Namun untuk spesifikasi komputer dengan Memory rendah sangat tidak disarankan. Disini saya hanya menambahi beberapa texture yang dirasa kurang.
* Image Painting Blender
~hiza
Senin, 26 Juli, 2010
mas kenapa untuk compositing nodenya pake 3 mix node? tujuannya apa ya?...
Selasa, 27 Juli, 2010
@fajar: karena WORLD terdiri dari 3: AO, Environment, Shading. Maksudnya adalah untuk memudahkan modifikasi bayangan pada gerobak kakilima di compositing.
Kamis, 29 Juli, 2010
hebat! keren banget! salut make software opensource & bisa bikin sekeren ini!! ini baru karya putra Indonesia yg patut dibanggakan!!