Texture

Hello :) Setelah modifikasi props environment ke bentuk yg lebih simple, maka giliran texturing dikerjakan. Proses ini tidak memakan banyak waktu (1 texture props 2-4 jam), namun memerlukan sedikit ketekunan untuk menghasilkan efek kumuh. Beruntung ada GPS (Gimp Paint Studio) untuk mengerjakannya. Banyak sekali brush yg disediakan GPS beserta pattern dll. Saya menggunakan brush tambahan untuk GIMP yg bisa di unduh disini.


Proses
Ada 3 tahap untuk melakukan texturing yaitu:
(1) Seam+Unwrapping > (2) UV layout > (3) Texturing.
Proses Seam seperti membuat pola baju, dimana potongan-potongan menetukan jahitan. Semakin baik, maka semakin rapih hasil Seam tersebut. Setelah itu ditata agar proses texturing mudah, lalu lakukan export UV layout (PNG), semua dilakukan di Image Editor.


* Unwrapping+Compositing Pre-Render

Property dalam short movie lumayan banyak. Bisa dibayangkan keruwetan lingkungan urban, semua ada disini :). Oya, saya juga menggunakan tool Image Painting yang ada di Blender. Prosesnya adalah memperlakukan Image Editor di Blender seperti software pengolah gambar. Texture bisa langsung di buat disini, lebih mudah dan praktis. Namun untuk spesifikasi komputer dengan Memory rendah sangat tidak disarankan. Disini saya hanya menambahi beberapa texture yang dirasa kurang.

* Image Painting Blender

~hiza

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

3 Response to "Texture"

  1. Anonim Says:
    Senin, 26 Juli, 2010

    mas kenapa untuk compositing nodenya pake 3 mix node? tujuannya apa ya?...

  2. hizaro says:
    Selasa, 27 Juli, 2010

    @fajar: karena WORLD terdiri dari 3: AO, Environment, Shading. Maksudnya adalah untuk memudahkan modifikasi bayangan pada gerobak kakilima di compositing.

  3. hantu36 says:
    Kamis, 29 Juli, 2010

    hebat! keren banget! salut make software opensource & bisa bikin sekeren ini!! ini baru karya putra Indonesia yg patut dibanggakan!!

Posting Komentar

Silakan isi dengan komentar, saran, kritik, atau solusi yang dapat memperlancar Seruling Project. Terimakasih :)