Seruling Team




Core Team

Producer
Blender Indonesia ORG

HizaRo :: Director (Jogja)

Hiza adalah founder Blender Indonesia ORG sekaligus menjadi sutradara Seruling Project. Serius mendalami animasi sejak 2004 dan Blender sejak 2007. Karir profesional dimulai sejak 1998 sebagai desainer di beberapa studio dan agency, pengajar di sekolah multimedia, dan animator. Ikut mendirikan game developer & publisher dan mengembangkan ROSE Online Indonesia (2007-2009). Saat ini total mengembangkan konsep industri animasi open source di Indonesia, aktif di forum Blender, workshop, seminar, dan komunitas animasi di beberapa kota. Sebagai sutradara di Seruling Project, banyak hal yang harus di pelajari dan menantang untuk di pecahkan. Selain koordinasi team yang terpisah, pipeline yang tidak standar, waktu, budget dan keterbatasan lainnya sangat menarik baginya untuk bisa digali agar suatu saat bisa menjadi standar bagi open movie berikutnya.

Edy Surachman :: Original Concept & Scenario (Jakarta)

Edy adalah salah satu pionir komunitas Blender di Indonesia (Blender-an). Memulai kariernya di dunia digital art sebagai desainer grafis dan animasi 3d untuk visualisasi arsitektural juga sebagai salah satu penggerak independen untuk penggunaan software legal, opensource khususnya dibidang grafis dan animasi. Selain itu ia juga seorang pengajar lepas untuk berbagai course dan workshop grafis dan animasi berbasis opensource, baginya software opensource adalah peluang untuk mendapatkan kebebasan dalam berkarya dan berbagi ilmu, banyak tutorial yg telah dibuatnya dan disa di download secara gratis. Sekarang opensource grafis dan animasi telah menjadi bagian yg tidak terpisahkan baik dari pekerjaan maupun sebagai media perjuangan, inspirasi, ide, konsep dan cara pandangnya. Sebagai penulis cerita di Seruling project, Edy merasa tertantang untuk mengasah storytelling dan mewujudkan impian Open Movie ini.


Johantri :: Art Director (Batam)

Johantri saat ini bekerja di IFW Batam sebagai animator 2D. Sejak kuliah di Bandung sudah awam dengan Blender sampai sekarang. Di sela kesibukannya, Jo aktif sekali mendukung perkembangan animasi open source lewat FBI. Pernah menggagas Open Movie Super Biri-Biri beberapa tahun lalu lewat Blender-an. Seruling project ini merupakan project pembuktian dirinya sebagai Art Director. Sebagai lead, Jo bertanggungjawab untuk style, concept arts, desain, dll. Pengalaman berproduksi dan teamwork di beberapa project besar sangat membantu proses produksi di Seruling Project. Totalitas dan semangat berbagi dan bekerjasama online merupakan tantangan baru baginya.


Ramdhan :: Lead Animator (Jakarta)

Animator jebolan IFW Batam ini sekarang bekerja di Agency Post Pro di Jakarta. Mengerjakan berbagai project TVC dan animasi dengan agency besar. Beberapa software aniamasi professional sudah Ia terapkan, dan Blender adalah keunikan tersendiri baginya. Kecintaannya pada dunia animasi membuat Ia tetap fun walaupun dunia ini akrab dengan deadline. Seruling Project salah satu challenge baginya. Sebagai Lead animator, Ramdhan makin seriusngulik Blender dan semangat bekerja dengan OSS. Keterbatasan team dan tools tidak mempengaruhi moodnya untuk bersama-sama mewujudkan impian dengan Blender.

Adhicipta :: Manager Co. (Surabaya)

Bekerja sebagai Dosen Akuntansi di Ubaya dan aktif menulis buku bersama Elex Media. Ketertarikan di dunia Animasi dan games sudah sejak kecil, namun hasratnya untuk ikut mengembangkannya muncul bersama Forum Blender Indonesia. Blender Army yang militan dan memiliki passion untuk mewujudkan impian membuat animasi open source maju di Indonesia. Keahliannya di bidang akuntansi ternyata tidak sia-sia, di Project Seruling ini selain ikut berperan sebagai modeller, Adhicipta mempunyai sumbangsih besar dalam mengelola dan mengatur keunikan sistem keuangan dan manajemen team secara remote. Ia berharap Seruling Project ini menjadi awal kebangkitan animasi open source dan menjadi standart bagi komunitas FBI.



Lukman :: Lead Modeller (Bandung)


Lukman adalah kreatif Modeller dan animator di Pongo studio, Bandung. Style dan kerapihan modelingnya sangat kuat dan berkarakter. Seruling project menjadi tantangan tersendiri baginya. Selain antar team tidak pernah bertemu langsung, pipeline dan workflow yang berbeda membuat Ia bergairah untuk mewujudkannya. Saat ini Lukman masih terlibat aktif di project Pongo studio dengan team yang cukup tangguh. Sebagai lead Ia mencoba mengajak berbagi dan bekerjasama dengan beberapa modeller di Bandung maupun di kota lainnya.


Udey :: Technical Director (Semarang)


Udeystar bekerja di Jakarta sebagai Drafter sebuah perusahaan internasional. Ketertarikan dengan Open Source khususnya Blender membuat Ia aktif di komunitas FBI. Ia banyak melakukan riset dengan Linux serta mencari ide-ide secara teknis untuk di kembangkan di Seruling project. Pembawaannya yang aktif sangat menguntungkan untuk bekerjasama dengan team. Saat ini risetnya dalam technik sangat kita nantikan. Pencapaian di Seruling Project ini diharapkan bisa menghasilkan konsep-konsep baru hingga menjadi inspirator bagi perkembangan animasi open source di Indonesia.


Rizal :: Lead Compositing & Rendering (Surabaya)


Blender adalah tantangan bagi Rizal. Spesialisasinya adalah animator. Namun rendering team di Surabaya sangat membutuhkan lead untuk memimpin proses render dan compositing bersama Blender Army di Surabaya. Saat ini Rizal mengerjakan beberapa project animasi bersama teamnya di sela-sela kesibukan kuliah di ITS. Ia adalah animator berbakat yang haus akan experience, salah satunya adalah Seruling Project.

--------------------------------------------------------------

Support Team (WIP)

Arts.
Berto (Bandung)
Boyel (Jakarta)
Goenrock (Jakarta)

Rig & Animator.
Chrisvii (Jakarta)
Riefky (Surabaya)
Yoga (Singapura)

Modeller.
Reko Agung (Bandung)
Charles David (Surabaya)
Mambow (Bandung)
Alvin (Tangerang)
Adhicipta (Surabaya)
Guitar Ipank (?)

Technical.
Edy (Jakarta)
Darkvoid (Malang)
Agung (Bandung)
Sepeda Saurus (?)

Programer Python
Edi Firmansyah (Jakarta)
Adhi (Purwokerto)

Compositing & Rendering.
Studio Asiah (Surabaya)
Blender Army Surabaya

Admin Blog.
Pandu (Surabaya)

Sound
Oki Kukuh Basuki (Jakarta)

--------------------------------------------------------------

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

6 Response to "Seruling Team"

  1. syiarislam says:
    Selasa, 19 Januari, 2010

    Kalau film Upin dan Ipin, itu benar2 mencerminkan budaya Malaysia yang diwarnai budaya melayu dan Islam dengan pakaian baju kurung + jilbab saat wanitanya keluar dan peci dan sarung saat anak2 shalat. Atuknya pun senantiasa pakai peci dan baju serta celana panjang.

    http://www.youtube.com/watch?v=Ljvckp5oDbo&feature=player_embedded

    Film tsb akhirnya populer tidak hanya di Malaysia, tapi juga Indonesia.
    http://media-islam.or.id/2009/08/26/upin-dan-ipin-film-kartun-anak-anak-yang-islami

    Kita harap film animasi buatan Seruling Team ini budaya Indonesia yang juga diwarnai budaya Melayu dan Islamnya cukup tercermin di film. Tidak seperti film animasi lain yang akhirnya kurang populer karena Budaya Islamnya sama sekali tidak terlihat. Seorang ayah hanya pakai baju kaos kutang dan celana pendek sementara nenek2 tidak pakai kerudung sama sekali.

    Ceritanya pun tentang seorang anak gadis yang mau dikawin-paksa kurang cocok untuk anak2.

    Mudah2an hal di atas tidak terulang...

  2. yogi priyo says:
    Rabu, 28 April, 2010

    salam hormat kepada semua crew blender army..
    ehmm..langsung kepada intinya, saya aalah seorang pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika Sekolang Tinggi Teknologi Adisucipto (STTA), Yogyakarta. Jurusan kami baru saja membuka sebuah konsentrasi, yaitu Animasi dan Desain. Pada bulan Juni besok, kami akan mengadakan acara Seminar Animasi & Desain regional Jogja & Jateng. Temanya yaitu pengenalan dunia animasi & desain di Indonesia seperti apa, dan juga prospek ke depannya dunia ini. Kami berencana ingin mengundang beberapa pembicara, salah satu yang telah berhasil di undang yaitu salah satu dosen dari ISI (Institut Seni Indonesia). dalam hal ini pula, saya iningin bertanya, apakah ada salah satu anggota dari crew blender army yang bersedia menjadi pembicara dalam acara kami ini, diharapkan juga kalau bisa pembicaranya berdomisili di Yogyakarta. Saya mohon infonya kalau memang ada kesempatan, ke email saya : yogipriyo.prayogo@gmail.com.

    Website STTA : stta.ac.id

    Terimakasih atas perhatiannya.

  3. gde Says:
    Kamis, 24 Juni, 2010

    Semoga animasi yang dibuat bukan hanya satu saja dan bukan hanya sebuah project iseng-iseng. Alangkah baiknya jika dapat dibuat animasi unik yang dapat menyaingi upin-ipin, dimana karakter-karakter yang dibuat menonjolkan kelucuan(memiliki karakter), sehingga dapat menarik minat anak-anak untuk menonton. Upin-ipin, memey, dkk (multi bangsa) dimana seluruh karakteristik yang beraneka ragam tergabung menjadi satu.

    Seandainya, karakteristik anak bangsa dibuat dalam animasi, dan ditonjolkan dalam bentuk kelucuan dari karakter anak-anak tersebut, maka masyarakat secara tidak langsung akan belajar dan mengenal kebudayaan dan karakter bangsa sehingga akan dapat mempererat persatuan.

  4. Anonim Says:
    Rabu, 30 Juni, 2010

    oi lukmannnnnnnnnnnn

    nyerbu stasiun tv yuk.............
    mau ngak ????????????

  5. Ade Malsasa Akbar says:
    Jumat, 27 Agustus, 2010

    Cinta animasi Indonesia! Ganyang Malaysia!

  6. RombakOtak says:
    Minggu, 20 Februari, 2011

    yuk... serbu tu tv...

Posting Komentar

Silakan isi dengan komentar, saran, kritik, atau solusi yang dapat memperlancar Seruling Project. Terimakasih :)