Sound Riset




Sembari bersibuk ria dengan texture dan segala macam. Saya sempatkan untuk berdiskusi tentang audio bersama Gatot, komposer yg akan mengisi musik dan sound fx. Kami berdiskusi panjang soal bagaimana mengisi musik, mencari sound yg tepat sampai kepada proses penciptaan. Rupanya cukup rumit menghasilkan suara yg imajinatif hingga akhirnya menguatkan cerita dan animasinya.

Kebanyakan sound/musik animasi buatan luar menggunakan orkestrasi komplit. Saya pikir itu sudah standar dari 'pabrik' jika mau hasilnya bagus. Silakan lihat di youtube tentang cara mengisi musik di film animasi, sejak jaman Disney sampai era studio besar modern, 80% memakai piranti orkestra lengkap. Fiuhh....bakalan seru nih. TETAPI, tunggu dulu!

Ada satu statment yg cukup penting dari Gatot. Bahwa sound (dlm arti umum) adalah sangat relatif dan pribadi sifatnya. Bebunyian harus bisa menerjemahkan ide/imaji dan menguatkan suasana sesuai dengan maksud yg diinginkan. Itu artinya, setiap sound tidak harus sama/standar dan bahkan seragam dengan yg sudah ada. Setiap lokasi, etnik di suatu negara pastinya mempunyai karakter tersendiri. Ini yg musti digali dari budaya lokal.

Hoho... mengerti sekarang. Pantas saja efek-efek dan sound yg tersebar di internet, baik free atau berbayar, belum tentu cocok ditambal-sulam dengan konsep film kita. Yup, saatnya mengolah dan mengekplorasi sound yang sesuai dengan kultur dan konsep dari film di Seruling itu sendiri. Next saya akan jelaskan pipeline/metode ekplorasi sound dengan ilustrasi berikut. ~hiza

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

5 Response to "Sound Riset"

  1. Anonim Says:
    Jumat, 25 Juni, 2010

    Suara cacing...???? emang ada :-p

  2. akhyar Says:
    Jumat, 25 Juni, 2010

    saya suka kalimat bahwa etnik di suatu negara pastinya mempunyai karakter tersendiri. indonesia akan menemukan jati diri ke-indonesia-an

  3. Nitza says:
    Jumat, 25 Juni, 2010

    MANTAP!!!!

  4. charles says:
    Sabtu, 26 Juni, 2010

    Menghidupkan suasana lingkungan perkampungan di Indonesia kelihatannya bakalan jadi tantangan tersendiri.

  5. Anonim Says:
    Selasa, 29 Juni, 2010

    yah seruling project cuma 5 menit.... gw bikin TA pake blender 12 menit tuh... kurang lama filmnya....

Posting Komentar

Silakan isi dengan komentar, saran, kritik, atau solusi yang dapat memperlancar Seruling Project. Terimakasih :)