Global Project Pipeline

Dalam mengerjakan sebuah media (film,animasi,dll) di perlukan sebuah workflow atau sering disebut pipeline. Workflow ini berguna untuk mengatur alur kerja agar proses produksi berjalan dengan baik. Berisi alur (aliran) dari tugas (jobdesk) dan kegiatan yang harus dilakukan. Prosesnya berupa logika diagram yang saling berkaitan satu sama lain, agar pekerjaan menjadi efisien dan produktif.

Untuk membangun alur kerja teamwork dalam pipeline ini, kami berusaha menghindari pengulangan kerja, hambatan teknis yang terlalu rumit, dan ketergantungan (dependensi). Kami ingin proses kerjasama saling berkait secara halus dan terarah. Tidak mudah memang untuk bekerja sesuai timeline dan workflow. Setidaknya kami berusaha menyederhanakannya dan membuat semuanya sesuai standart. Berikut ini global pipeline yang disusun:



-- Global Project Pipeline --

Sedangkan untuk proses distribusi (digital asset management) kami gunakan DROPBOX. Masing-masing volunter/kontributor akan dikomando oleh team inti. Assets, concept, storyboard, scenes, dll diletakkan di server dropbox dan diakses melalui masing-masing workstation (PC). Server ini dapat bersinkronisasi secara realtime dan diakses secara bersamaan. Untuk menghindari kesalahahan kami mempunyai standart penamaan file. MOD untuk model, TEX untuk texture, RIG untuk rigging, AN untuk animation, dsb.

Berikut penjelasannya:



-- Digital Asset Management Pipeline --





-- hiza --

*thanks to Johantri for good idea & jobs ;) -> Edy for reference pipeline

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

4 Response to "Global Project Pipeline"

  1. Ariana Luberto Fauzi says:
    Selasa, 02 Februari, 2010

    Great! looking good and promising!

  2. Erwin prasetyo says:
    Rabu, 10 Februari, 2010

    jadi bisa belajar manage projek, thanks

  3. Anonim Says:
    Rabu, 17 Februari, 2010

    Buat rekan komunitas blender perkenalkan saya Rio Panca P dari APMI (Asosiasi Penyelenggara Multimedia Indonesia) perlu saya infokan bawha APMI sdg di percara oleh DEPKOMINFO untuk pengelolaan render farm yang saat sudah saya install dengan blender 2.40 pada perangkat server render farm SGI 32 Core bagi rekan yang berminat menggunakan dipersilakan untuk trial pada studio kami di STO Telkom Joglo,Jl Joglo Raya No. Jakarta, Untuk info lebih lanjut dapat menghubungi e-mail saya di r_pancaputra@yahoo.com
    Salam
    Rio Pancaputra

  4. Anonim Says:
    Minggu, 09 Mei, 2010

    Hi there!

    Thanks for commenting to our Facebook group! Your Pipeline looks very good and professional.

    How long will your animation be? And when is it supposed to be ready?

    Keep up the good work!


    Cheers,
    Robert

Posting Komentar

Silakan isi dengan komentar, saran, kritik, atau solusi yang dapat memperlancar Seruling Project. Terimakasih :)