Next Renderman





Tepatnya tanggal 17 agustus 2010, Seruling kedatangan team baru dari 'kota sebelah'. Dialah Adhi Hargo (programer). Hal ini disambut hangat oleh rekan-rekan OSS (Open Studio Society) Jogja. Selain menambah main power di jajaran produksi, juga dalam rangka menyelesaikan PRAJA RENDERFARM yang sudah memasuki 80% penyelesaian.

Sekilas info, PRAJA adalah renderfarm software yang digagas oleh Adhi untuk kebutuhan produksi render di Seruling Project ini. Rencana kemampuan PRAJA akan diujikan disini, sekaligus menyempurnakannya agar bisa digunakan komunitas. Kabar baik yg harus kita support dan merupakan sebuah kebanggaan kita bersama. Sugeng Rawuh. ~hiza

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

Amunisi Team Seruling ;)







Mengusung tajuk: From Zero to Hero, OSS Jogja kedatangan Blender Army (cikal OSS Surabaya). Selama sepekan (2-11 agustus) mereka mengikuti workshop animasi secara intens sebagai 'amunisi' untuk meningkatkan skill dasar animasi. Materi ini dibawakan oleh Edy Surachman yg dengan semangat mengajarkan teknik animasi dengan Blender secara terstruktur dan advance.

Bukan kebetulan jika antusiasme dari rekan-rekan Surabaya ini semakin memupuk tali persahabatan dan semangat kemerdekaan animator Open Source, khususnya komunitas Blender Indonesia. Salut untuk semangat dan konsistensinya. Kedepan hal ini bisa menjadi pilot project bagi komunitas di kota lainnya. Dari oleh dan untuk komunitas. Terimakasih juga untuk rekan Edy yg sudah menularkan ilmunya sedemikian rupa sehingga menjadi lebih bermakna bagi org lain. Together We Can!

*catatan: team ini nantinya akan membantu proses animasi dari Seruling Project.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

Animasi Scene 01

Berikut animasi (WIP) adegan Scene01. Ayam berjalan menuju tembok untuk melakukan tugasnya dalam keadaan setengah tidur. Masih akan terus diperbaiki. ~ budip



------------------------------------------------------------------------------------------------
1. Animasi blocking tahap(part1) awal animasi scene01,
masih seputar posing dan timing. dan tentu saja masih perlu banyak perbaikan.

note:video record screen 15fps
------------------------------------------------------------------------------------------------

------------------------------------------------------------------------------------------------
2-3. WIP testing scene01 tahap ke-3 awal
------------------------------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------------------------------
Note: GL preview - sori gelap :P
------------------------------------------------------------------------------------------------

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

Rendering Test ;)

Proses ini hanya coba-coba untuk menjajal kehandalan Blender 2.53 Beta. Setelah mengerjakan texture, tidak sabar rasanya menjajaki kemampuan rendering. Beberapa props dikumpulkan>texturing>layout>lighting>rendering>dan compositing (node editor).
Cukup cepat kinerja Blender 2.53 Beta ini. selama bekerja tidak ditemukan eror atau gangguan sedikitpun (belum mungkin). Semua Add-On saya aktifkan, dan cukup banyak yang digunakan. Salah satu yg saya suka adalah Cloud Generator (pembuat awan), add Mesh, Importer Image to Plane, dll.

Konsep render test kali ini adalah menemukan visual cahaya pagi, hmmm....sederhana, namun tidak mudah juga. Sebagai catatan, saya gunakan AO (Ambient Occlusion), Compositing pada kamera (DOP- Deep of Field), lighting hanya menggunakan teknik 3 point lighting, bahkan beberapa cuma menggunakan 1/2 lighting (Sun & Area). ~hiza
Berikut hasilnya:

* Render Test - Suasana Pagi

* Final - DOP Compositing


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

Texture

Hello :) Setelah modifikasi props environment ke bentuk yg lebih simple, maka giliran texturing dikerjakan. Proses ini tidak memakan banyak waktu (1 texture props 2-4 jam), namun memerlukan sedikit ketekunan untuk menghasilkan efek kumuh. Beruntung ada GPS (Gimp Paint Studio) untuk mengerjakannya. Banyak sekali brush yg disediakan GPS beserta pattern dll. Saya menggunakan brush tambahan untuk GIMP yg bisa di unduh disini.


Proses
Ada 3 tahap untuk melakukan texturing yaitu:
(1) Seam+Unwrapping > (2) UV layout > (3) Texturing.
Proses Seam seperti membuat pola baju, dimana potongan-potongan menetukan jahitan. Semakin baik, maka semakin rapih hasil Seam tersebut. Setelah itu ditata agar proses texturing mudah, lalu lakukan export UV layout (PNG), semua dilakukan di Image Editor.


* Unwrapping+Compositing Pre-Render

Property dalam short movie lumayan banyak. Bisa dibayangkan keruwetan lingkungan urban, semua ada disini :). Oya, saya juga menggunakan tool Image Painting yang ada di Blender. Prosesnya adalah memperlakukan Image Editor di Blender seperti software pengolah gambar. Texture bisa langsung di buat disini, lebih mudah dan praktis. Namun untuk spesifikasi komputer dengan Memory rendah sangat tidak disarankan. Disini saya hanya menambahi beberapa texture yang dirasa kurang.

* Image Painting Blender

~hiza

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS