Pipeline Produksi [Tools]

Sejauh ini team Seruling masih mencari-cari bentuk pipeline yang sekiranya cocok dan simple untuk produksi. Masing-masing dari kami berusaha menyederhanakan proses yang cukup rumit dan menyenangkan ini, tentunya dengan beberapa tools open source yang semakin canggih.

Disini kami menggunakan beberapa format umum seperti agar bisa diakses dengan baik oleh semua team. Memang beberapa Blender 2.5 yang kami gunakan masih dalam tahap Alpha alias belum cukup stabil untuk proses produksi. Namun beberapa pertimbangan lain untuk sekaligus mencoba versi test ini juga sudah dipikirkan. Apalagi secara global timeline Seruling hampir sama dengan Durian, Developer akan terus mengupdate ke Alpha 1, Beta 2, Beta 3, & Beta 4. Sekali lagi proses ini suatu pembelajaran yang akan dimenangkan dengan PRAKTEK langsung dengan dukungan support dari beberapa programer hingga modifikasi dari project2 lain yang menggunakan versi 2.5.

Dan inilah Pipeline Tools yang kami pergunakan.

TEKS
Format [RTF, TXT, ODF & PDF]
Software [OpenOffice, Google Docs]
Keterangan:
Format stabil dan standar sampai sat ini kami percayakan pada Open Office. Selain itu kami menggunakan Google Docs untuk kolaborasi dokumen secara online.

Fasilitas dari Google Apps ini cukup lengkap antara lain: Email, Kalender, Documents (text, spreadsheet, presentation,dll), Site, dan Kenalan (kontak). Site berformat mirip dengan wiki sehingga masing-masing dari team berkolaborasi dan mempunyai kewenangan untuk menambah dan mengurangi isinya. Dengan demikian segala perkembangan bisa terorganisir dengan baik.














STORYBOARD
Site dalam google apps bisa kami pergunakan dengan memodifikasi kolom-kolom di dalamnya sehingga bisa untuk meletakkan storyboard. Secara garis besar kami menggambar storyboard secara manual dan digital dengan tool dari GIMP atau My Paint. Sedangkan sususan lengkap beserta dengan variable kamera, scenes, timming, dll kami menggunakan bantuan Celtx.


FILE SHARING
DROPBOX :: www.dropbox.com
Keterangan:
Proses berbagi file (file sharing) awalnya kami percayakan pada google drive yang mempunyai 'perut' 7GB dan bisa diakses dari explorer. Namun kendala ada di Linux yang cukup merepotkan anggota team lain. Sempat juga mencoba memakai FTP internal di host kami, sayangnya keterbatasan hosting dan maintenance yang terbatas juga merepotkan.

Akhirnya Dropbox adalah pilihan kami. Walau cuma 2 GB, tetapi cukup stabil dan ada fasilitas sinkronisasi dari komputer desktop, baik di Linux, Mac, atau Windows.




IMAGES
Format [jpg, png]
Software :: GIMP, KRITA, MyPaint, & Kemungkinan Cinepaint.





ILUSTRASI & Vektor
Format [SVN,PNG]
Software :: Inkscape


3D
Sampai dengan saat ini Blender adalah tool 3D yang paling sempurna. Baik dalam aspek kinerja, maupun developer maintenance. Kesuksesan Blender di buktikan dengan 2 open movie (Elephant Dream & BigBuckBunny) dan 1 game (Apricot). Tidak ada keraguan bagi kami untuk mencobanya kembali.


AUDIO
Format [OGG-Vorbis (.ogg), MP3 (.mp3),wav]
48kHz dan 16-bit depth.
Software :: Audacity, Ardour, dll.





COMPOSITING
Software :: Cinelarra, Blender, atau OpenShot.
Note: beberapa hal masih kami pertimbangkan akselearsi dan kemampuannya.


VIDEO
Format [AVI]
Player :: VLC



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

1 Response to "Pipeline Produksi [Tools]"

  1. Open Movie Blender Indonesia says:
    Senin, 18 Januari, 2010

    Hello Army :) Terimakasih Kunjungannya, Kami masih mencari-cari solusi terbaik untuk proses produksi Seruling. Mohon saran, kritik, masukan, dll. Thanks

Posting Komentar

Silakan isi dengan komentar, saran, kritik, atau solusi yang dapat memperlancar Seruling Project. Terimakasih :)